Pengertian Psikologi Komunikasi Dan Komunikasi Efektif Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Psikologi Komunikasi dan Komunikasi Efektif Menurut Para Ahli - Sejarah perkembangannya, Komunikasi dibesarkan oleh peneliti psikologi berjulukan Wilbur Schramm. Sebagai ilmu komunikasi dipelajari aneka macam macam disiplin antara lain sosiologi dan psikologi.

Dance mendefinisikan komunikasi dari perspektif psikologi behaviorisme, Dance memandang komunikasi sebagai sebagai perjuangan menimbulkan respon melalui lambang-lambang verbal.

Colin Cherry (1957) mendefinisikan komunikasi sebagai perjuangan untuk menciptakan suatu satuan sosial dari individu dengan memakai bahasa atau tanda. Aturan bersama yg dimiliki untuk mencapai aneka macam tujuan.

George A Miller juga mendefinisikan psikologi sebagai ilmu yg berusaha untuk menguraikan, prediksi, dan mengendalikan insiden mental dan sikap (behavioral).
Pengertian Psikologi Komunikasi dan Komunikasi Efektif Menurut Para Ahli Pengertian Psikologi Komunikasi dan Komunikasi Efektif Menurut Para Ahli
image source: socialpresence(dot)me
Baca juga: Jenis dan Dampak Media Sosial

Pengertian Psikologi Komunikasi

Psikologi komunikasi itu apa? Perilaku (kognitif, afektif, psikomotorik, motivasi, intensi, persepsi dlll) interaksi psiko-sosial yang fundamental dari seseorang, dikala terjadinya proses penyampaian dan pemaknaan symbol-symbol dalam aneka macam konteks dengan tujuan transmisi informasi, untuk mencapai stabilitas atau perubahan sikap individu dan kelompok.

Maulana (2013) memandang psikologi komunikasi sebagai ilmu yg berusaha menguraikan, meramalkan, dan mengendalikan insiden mental dan sikap dalam komunikasi.

Tanda-Tanda Komunikasi Berlangsung Secara Efektif Stewart L Tubbs dan Sylvia Moss (1974) (Maulana dan Gumelar, 2013):
  • Pengertian: penerimaan yang cermat dari sisi stimuli menyerupai yang dimaksud oleh komunikator. Kegagalan mendapatkan isi pesan secara cermat disebut kegagalan komunikasi primer. 
  • Kesenangan:Tidak semua komunikasi ditujukan untuk memberikan warta dan membentuk pengertian. Adapula komunikasi yang lazim disebut komunikasi fatis (phatic communication) yang dimaksudkan untuk menimbulkan kesenangan. Komunikasi inilah yang menjadikan korelasi kita hangat, akrab, dan menyenangkan. 
  • Mempengaruhi Sikap: komunikasi bertujuan untuk saling mempengaruhi satu sama lain (Komunikasi persuasi). Komunikasi ini memerlukan pemahaman perihal faktor-faktor pada diri komunikator, dan pesan yang menimbulkan imbas pada komunikan. Persuasi> proses mempengaruhi pendapat, sikap, dan tindakan orang dengan manipulasi psikologis seseorang shingga bertindak menyerupai atas kehendaknya yng mempersuasi. 
  • Hubungan Sosial yang Baik: Sebagai makhluk sosial, insan memiliki daftar kebutuhan sosial yang akan menumbuhkan dan mempertahankan korelasi yang memuaskan dengan orang lain dalam hal interaksi dan asosiasi (inclusion), pengendalian dan kekuasaan (control), dan cinta & kasih sayang (affection). Kebutuhan sosial ini hanya sanggup dipenuhi dengan komunikasi interpersonal yang efektif. 
  • Tindakan: tindakan atau sikap mrpkn indikator untuk mengukur seberapa besar efektivitas yang terjalin selama komunikasi berlangsung sebab untuk menimbulkan tindakan, kita harus berhasil terlebih dahulu menanamkan pengertian, membentuk dan mengubah sikap atau menumbuhkan korelasi yang baik. Tindakan yaitu hasil kumulatif seluruh proses komunikasi.

Sekian artikel perihal Pengertian Psikologi Komunikasi dan Komunikasi Efektif Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • West, R. & Turner, H. L. 2012. Introducing Communication Theory.ANALYSIS AND APPLICATION. The McGraw-Hill Companies, Inc. 
  • Maulana, H & Gumelar, G. 2013. Psikologi Komunikasi. Akademia Permata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Psikologi Komunikasi Dan Komunikasi Efektif Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment