Henry Fayol menyebutkan fungsi administrasi ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, pinjaman perintah/ commanding, koordinasi/coordinating dan pengawasan/controlling.
Luther Gullick menyebut fungsi administrasi sebagai berikut perencanaan/ planning, pengorganisasian/organizing, penyusunan personalia/Staffing, pengarahan/directing, koordinasi/coordinatingi, pelaporan/reporting dan pengawasan/controlling.
James Stoner menyampaikan fungsi manajemennya ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, kepemimpinan/leading dan pengawasan/controlling.
image source: |
baca juga
Koontz & O’donnel merumuskan fungsi manajemennya ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, penyususnan personalia/staffing, pengarahan/directing, dan pengawasan/controlling.
George Terry memperlihatkan klarifikasi fungsi manajer adalah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, penggerakan/actuating dan pengawasan/controlling. Pendapat-pendapat di atas sanggup diringkas dalam bentuk gambar sebagai berikut :
Tabel : Fungsi –fungsi Manajer
Dari pendapat wacana fungsi--fungsi administrasi di atas sanggup disimpulkan bahwa fungsi manajer ialah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan merupakan fungsi pokok dalam manajemen. Dan fungsi-fungsi tersebut menggambarkan kerangka yang dipakai untuk mrncapai tujuan.organisasi, .selanjutnya penulis akan menjelaskan secara garis besar fungsi perancanaan, pengoraginsasian, pengarahan, koordinasi dan pengawasan.
1.Perencanaan
Perencanaan berarti memutuskan tujuan organisasi dan memilih bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Pengambilan keputusan merupakan belahan dari proses perncanaan ialah pemilihan suatu tindakan dari sejumlah alternatif. Perencanaan dan pengambilan keputusan membantu mempertahankan efektivitas manajerial, alasannya menjadi petunjuk acara di masa depan. Artinya tujuan dan planning organisasi membantu manajer untuk mengetahui bagaimana mengalokasikan waktu dan sumber daya yang mereka miliki. Melalui perencanaan seorang manajer sanggup mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya dan memakai sumber dayanya.
2. Pengorganisasian
3.Pengarahan
Pengarahan ialah proses menumbuhkan semangat/motivation pada karyawan biar sanggup bekerja keras dan giat, serta membimbing mereka dalam melaksanakan planning untuk mencapai tujuan. Melalui pengarahan menejer sanggup membuat komitmen, mendorong usaha-usaha yang mendukung tercapainya tujuan. Apabila semangat kerja karyawan menurun manajer segera mempertimbangkan alternatif untuk mendorong kembali semangat kerja mereka dengan memahami faktor penyebab menurunnya semangat kerja tersebut.
Fungsi pengarahan juga untuk membuat atau mendapatkan karyawan melaksanakan apa yang diinginkan. Fungsi ini melibatkan kualitas, gaya, dan kekuasaan pemimpin serta kegiatan-kegiatan kepemimpinan menyerupai komunikasi, motivasi dan disiplin.
Kepemimpian ialah serangkaian proses yang dilakukan para anggauta organisasi biar sanggup bekerja sama demi kepentingan organisasi tersebut. Seorang manajer akan memiliki suatu reputasi apabila manajer sanggup mendapatkan amanah dan jujur, bisa mengambil keputusan dengan tepat, memiliki kepribadian yang baik dan sanggup membaur dengan manajer puncak lainnya, sehingga sanggup bekerja sama sebagai tim yang kohesif dan efektif.
4. Koordinasi
George Terry memperlihatkan klarifikasi fungsi manajer adalah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, penggerakan/actuating dan pengawasan/controlling. Pendapat-pendapat di atas sanggup diringkas dalam bentuk gambar sebagai berikut :
Fungsi | Planning | Organizing | Leading | Staffing | Coordinating | Directing | Actuating | controlling |
Grifin | V | V | V | V | ||||
Henry Fayol | V | V | V | V | ||||
Luther Gulick | V | V | V | V | V | V | ||
James Stoner | V | V | V | V | ||||
Koontz O’donnel | V | V | V | V | V | |||
G Terry | V | V | V | V | V |
Tabel : Fungsi –fungsi Manajer
Dari pendapat wacana fungsi--fungsi administrasi di atas sanggup disimpulkan bahwa fungsi manajer ialah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan merupakan fungsi pokok dalam manajemen. Dan fungsi-fungsi tersebut menggambarkan kerangka yang dipakai untuk mrncapai tujuan.organisasi, .selanjutnya penulis akan menjelaskan secara garis besar fungsi perancanaan, pengoraginsasian, pengarahan, koordinasi dan pengawasan.
1.Perencanaan
Perencanaan berarti memutuskan tujuan organisasi dan memilih bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Pengambilan keputusan merupakan belahan dari proses perncanaan ialah pemilihan suatu tindakan dari sejumlah alternatif. Perencanaan dan pengambilan keputusan membantu mempertahankan efektivitas manajerial, alasannya menjadi petunjuk acara di masa depan. Artinya tujuan dan planning organisasi membantu manajer untuk mengetahui bagaimana mengalokasikan waktu dan sumber daya yang mereka miliki. Melalui perencanaan seorang manajer sanggup mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya dan memakai sumber dayanya.
3.Pengarahan
Pengarahan ialah proses menumbuhkan semangat/motivation pada karyawan biar sanggup bekerja keras dan giat, serta membimbing mereka dalam melaksanakan planning untuk mencapai tujuan. Melalui pengarahan menejer sanggup membuat komitmen, mendorong usaha-usaha yang mendukung tercapainya tujuan. Apabila semangat kerja karyawan menurun manajer segera mempertimbangkan alternatif untuk mendorong kembali semangat kerja mereka dengan memahami faktor penyebab menurunnya semangat kerja tersebut.
Fungsi pengarahan juga untuk membuat atau mendapatkan karyawan melaksanakan apa yang diinginkan. Fungsi ini melibatkan kualitas, gaya, dan kekuasaan pemimpin serta kegiatan-kegiatan kepemimpinan menyerupai komunikasi, motivasi dan disiplin.
Kepemimpian ialah serangkaian proses yang dilakukan para anggauta organisasi biar sanggup bekerja sama demi kepentingan organisasi tersebut. Seorang manajer akan memiliki suatu reputasi apabila manajer sanggup mendapatkan amanah dan jujur, bisa mengambil keputusan dengan tepat, memiliki kepribadian yang baik dan sanggup membaur dengan manajer puncak lainnya, sehingga sanggup bekerja sama sebagai tim yang kohesif dan efektif.
4. Koordinasi
Koordinasi ialah suatu perjuangan mengintegrasi, menyatukan semua kegiatan-kegiatn yang terdapat dalam organisasi, sehingga pekerjaan sanggup dilakukan dengan lancar. Dengan adanya koordinasi maka setiap bagian/unit kerja dalam melaksanakan pekerjaannya tidak akan terjadi kesamaan/duplikasi pekerjaan dengan bagian/unit kerja lainnya.
5. Pengendalian atau pengawasan
5. Pengendalian atau pengawasan
Semua fungsi tidak akan efektif tanpa ada fungsi pengawasan atau pengendalian.. Pengendalian membantu untuk memastikan efektivitas dan efisiensi yang dibutuhkan demi keberhasilan organisasi. Pengendalian dimaksudkan untuk melihat apakah kegiatan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan planning sebelumnya. Pengendalian meliputi empat kegiatan yaitu (1) menetukan standar prestasi, (2) mengukur prestasi yang telah dicapai, (3) membandingkan prestasi dengan standar, (4) melaksanakan perbaikan bila terdapat penyimpangan standar.
Sekian artikel tentang Fungsi Manajemen, Contoh dan Penjelasannya Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.
Daftar Pustaka
Daftar Pustaka
- Amirullah, haris Budiyono, 2004. Pengantar Manajemen; Graha IlmDaftar Pustakau, Yogyakarta
- Griffin, Alih bahasa Gina Gania MBA, 2002, Manajemn Jilid I; Erlangga, Jakarta
- John R Schermerhorn Jr, 1998, Manajemen, Jilid I dan II, Edisi Bahasa Indonesia, Andi, Yogyakarta
- Manullang, 1971, Dasar-Dasar Manajemen, CV Amanlaham, Medan
- T Hani Handoko. 1986, Manajemen, BPFE, Yogyakarta
0 Response to "Fungsi Manajemen, Teladan Dan Penjelasannya Berdasarkan Para Ahli"
Post a Comment