Fungsi Manajemen, Teladan Dan Penjelasannya Berdasarkan Para Ahli

Fungsi Manajemen, Contoh dan Penjelasannya Menurut Para Ahli - Manajemen melibatkan fungsi-fungsi dalam mencapai tujuannya. Seperti diketahui bahwa fungsi manajemen  sanggup berbeda antara hebat satu dengan hebat lainnya,. Fungsi administrasi tersebut antara lain berdasarkan Griffin fungsi administrasi dibedakan menjadi empat fungsi yaitu perencanaan/planning dan pengambilan keputusan, pengoraginsasian/organizing, kepemimpinan/leading, pengendalian atau pengawasan/controlling.

Henry Fayol menyebutkan fungsi administrasi ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, pinjaman perintah/ commanding, koordinasi/coordinating dan pengawasan/controlling.

Luther Gullick menyebut fungsi administrasi sebagai berikut perencanaan/ planning, pengorganisasian/organizing, penyusunan personalia/Staffing, pengarahan/directing, koordinasi/coordinatingi, pelaporan/reporting dan pengawasan/controlling.

James Stoner menyampaikan fungsi manajemennya ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, kepemimpinan/leading dan pengawasan/controlling.

 Contoh dan Penjelasannya Menurut Para Ahli Fungsi Manajemen, Contoh dan Penjelasannya Menurut Para Ahli
image source: exed.polytechnique.edu
baca juga
Koontz & O’donnel merumuskan fungsi manajemennya ialah perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, penyususnan personalia/staffing, pengarahan/directing, dan pengawasan/controlling

George Terry memperlihatkan klarifikasi fungsi manajer adalah  perencanaan/planning, pengorganisasian/organizing, penggerakan/actuating  dan pengawasan/controlling. Pendapat-pendapat di atas sanggup diringkas dalam bentuk gambar  sebagai berikut :

Fungsi Planning Organizing Leading Staffing Coordinating Directing Actuating controlling
Grifin V V V V
Henry Fayol V V V V
Luther Gulick V V V V V V
James Stoner V V V V
Koontz  O’donnel V V V V V
G Terry V V V V V

Tabel : Fungsi –fungsi Manajer

 Dari pendapat wacana fungsi--fungsi administrasi di atas sanggup disimpulkan bahwa fungsi manajer ialah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan merupakan fungsi pokok dalam manajemen. Dan fungsi-fungsi tersebut menggambarkan kerangka yang dipakai untuk mrncapai tujuan.organisasi, .selanjutnya penulis akan menjelaskan secara garis besar  fungsi perancanaan, pengoraginsasian, pengarahan, koordinasi dan pengawasan.
    
1.Perencanaan
Perencanaan berarti memutuskan tujuan organisasi dan memilih bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Pengambilan keputusan merupakan belahan dari proses perncanaan ialah pemilihan suatu tindakan dari sejumlah alternatif. Perencanaan dan pengambilan keputusan membantu mempertahankan efektivitas manajerial, alasannya menjadi petunjuk acara di masa depan. Artinya  tujuan dan planning organisasi membantu manajer untuk mengetahui bagaimana mengalokasikan waktu dan sumber daya yang mereka miliki. Melalui perencanaan seorang manajer sanggup mengetahui apa yang harus dilakukan dan  bagaimana cara melakukannya dan  memakai sumber dayanya.

2. Pengorganisasian

Setelah memutuskan tujuan dan membuatkan suatu  planning yang sanggup dilaksanakan, maka fungsi administrasi sekanjutnya ialah pengorganisasian.. Pengorganisasian ialah kegiatan memilih bagaimana acara dan sumber daya dikelompokan. Topik –topik dasar dalam pengorganisasian  perancangan pekerjaan, departemensiasi, kekerabatan otoritas, rentang kendali. Manajer perlu memiliki kemampuan untuk membuatkan tipe organisasi yang sesuai dengan tujuan, planning yang telah ditetapkan. Perbedaan tujuan akan membutuhkan jenis organisasi yang berbeda pula.

3.Pengarahan

Pengarahan ialah proses menumbuhkan semangat/motivation pada karyawan biar sanggup bekerja keras dan giat, serta membimbing mereka dalam melaksanakan planning untuk mencapai tujuan. Melalui pengarahan menejer sanggup membuat komitmen, mendorong usaha-usaha yang mendukung tercapainya tujuan. Apabila semangat kerja karyawan menurun manajer segera mempertimbangkan alternatif untuk mendorong kembali semangat kerja mereka dengan memahami faktor penyebab menurunnya semangat kerja tersebut.

Fungsi pengarahan juga untuk membuat atau mendapatkan karyawan melaksanakan apa yang diinginkan. Fungsi ini melibatkan kualitas, gaya, dan kekuasaan pemimpin serta kegiatan-kegiatan kepemimpinan menyerupai komunikasi, motivasi dan disiplin.

Kepemimpian ialah serangkaian proses yang dilakukan para anggauta organisasi biar sanggup bekerja sama demi kepentingan organisasi tersebut. Seorang manajer akan memiliki suatu reputasi apabila manajer sanggup mendapatkan amanah dan jujur, bisa mengambil keputusan dengan tepat, memiliki kepribadian yang baik dan sanggup membaur  dengan manajer puncak lainnya, sehingga sanggup bekerja sama sebagai tim yang kohesif dan efektif.

4. Koordinasi

Koordinasi ialah suatu perjuangan mengintegrasi, menyatukan semua kegiatan-kegiatn yang terdapat dalam organisasi, sehingga pekerjaan sanggup dilakukan dengan lancar. Dengan adanya koordinasi maka setiap bagian/unit kerja dalam melaksanakan pekerjaannya  tidak akan terjadi kesamaan/duplikasi pekerjaan dengan bagian/unit kerja lainnya.
5. Pengendalian atau pengawasan

Semua fungsi tidak akan efektif tanpa ada fungsi pengawasan atau pengendalian.. Pengendalian membantu untuk memastikan efektivitas dan efisiensi yang dibutuhkan demi keberhasilan organisasi. Pengendalian dimaksudkan untuk melihat apakah kegiatan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan planning sebelumnya. Pengendalian meliputi empat kegiatan yaitu (1) menetukan standar prestasi, (2) mengukur prestasi yang telah dicapai, (3) membandingkan prestasi dengan standar, (4) melaksanakan perbaikan bila terdapat penyimpangan standar.

Sekian artikel tentang Fungsi Manajemen, Contoh dan Penjelasannya Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • Amirullah, haris Budiyono, 2004. Pengantar Manajemen; Graha IlmDaftar Pustakau, Yogyakarta
  • Griffin, Alih bahasa Gina Gania MBA, 2002, Manajemn Jilid I; Erlangga, Jakarta 
  • John R Schermerhorn Jr, 1998, Manajemen, Jilid I dan II, Edisi Bahasa Indonesia, Andi, Yogyakarta 
  • Manullang, 1971, Dasar-Dasar Manajemen, CV Amanlaham, Medan
  • T Hani Handoko. 1986, Manajemen, BPFE, Yogyakarta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Manajemen, Teladan Dan Penjelasannya Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment