Pengertian Dan Jenis Perkara Krisis Organisasi Berdasarkan Ahli

Dalam video tersebut pada tanggal 07-04-2009 terjadi ledakan di Hotel JW Marriot dimana hal tersebut berdampak negatif bagi hotel tersebut, info pun timbul dan menyebar keseluruh dunia alasannya hotel JW Marriot yakni Hotel bertaraf internasioal an merupakan salah satu hotel termewah di Indonesia.

Pengertian dan Jenis Kasus Krisis Organisasi Menurut Ahli - Peristiwa ini juga menjadikan para investor kehilangan kepercayaan untuk menanamkan dana di hotel ini alasannya mereka menganggap kejadian ini sangat mengganggu stabilitas keamanan sehingga merugikan iklim investasi.

Bila dikaitkan dengan manejemen info maka hal yang pertama dilakukan oleh Manajemen hotel yakni melaksanakan pendekatan sistem dimana pemindaian lingkungan untuk mendapat informasi bagi pembuatan keputusan organisasi selanjutnya dalam hal ini pihak administrasi meminta dukungan pihak berwajib untuk memeriksa siapa dan motif apa yang dilakukan pelaku dalam trage pem-boman tersebut sesudah itu. pihak administrasi pun melaksanakan kelanjutan

 terjadi ledakan di Hotel JW Marriot dimana hal tersebut berdampak negatif bagi hotel ters Pengertian dan Jenis Kasus Krisis Organisasi Menurut Ahli
image source: reportbrain.com

Proses majemen info dimana manejemen hotel melaksanakan langkah-langkah:
  1. Mengidentifikasi isu
  2. Menentukan dampak dari tiap isu
  3. Membuat prioritas info dan melaporkan stasus pengembangan isu
  4. Meninjau semua duduk kasus dan meutuskan suatu tindakan
  5. Mengambil langkah yang dibutuhkan untuk menuntaskan duduk kasus dengan cepat

Untuk mengantisipasi dampak akhir masalah teror bom tersebut Departemen Perhubungan dan Pariwisata dengan segera membentuk tim crisis center beberapa ketika pasca kejadian. Langkah cepat tersebut diambil guna mengantisipasi akhir yang lebih serius lagi bagi dunia pariwisata Indonesia.Dengan mengacu pada Standard Operational Procedure (SOP) yang pernah diterapkan pada masalah Bom Bali II, Dephubpar telah menyiapkan langkah-langkah strategis guna pemulihan (recovery) gambaran pariwisata Indonesia. Langkah-langkah tersebut memperlihatkan bahwa Dephubpar telah memilikimanajemen krisis yang baik.

Krisis yakni kejadian-kejadian yang luar biasa dan tidak terduga yang berpotensi menjadikan dampak (akibat) yang cenderung negatif. Krisis dapatyang sanggup menimpa siapa saja, kapan saja. Krisis sanggup dipandang sebagai salah satu faktor resiko yang harus diperhitungkan dan dipersiapkan dengan baik. Bagi perusahaan-perusahaan besar, menerapkan administrasi krisis merupakan suatu keharusan. Tanpa kesiapan yang baik, perusahaan akan gagap atau panik menghadapi kejadian yang tidak terduga, sehingga sering salah dalam mengambil tindakan.

Menurut Laurence Barton, sebuah krisis yakni insiden besar yang tak terduga yang secara potensial berdampak negatif terhadap baik perusahaan maupun publik. Peristiwa ini mungkin secara cukup berarti merusak organisasi, karyawan, produk dan jasa yang dihasilkan organisasi, kondisi keuangan dan reputasi perusahaan.

Pada Kasus bom JW Marriot tahun 2009 kemudian merupakan insiden besar yang tak terduga yang secara potensial berdampak negatif bagi perusahaan hotel JW Marriot ini, begitupun dengan publik yang menjadi takut atau enggan menginap di hotel JW Marriot alasannya kejadian bom 5 tahun lalu. Peristiwa ini secara cukup berarti merusak organisasi yakni merusak gambaran atau nama baik JW Marriot yang selama ini dikenal baik oleh masyarakat, karyawan di hotel tersebut juga ada beberapa yang mengalami luka dan meninggal ketika kejadian bom tersebut. Hal ini berimbas pada kondisi keuangan yang menurun alasannya jumlah tamu yang menurun drastis alasannya kejadian ini, reputasi perusahaan menjadi tidak baik yang menjadi penyebab menurunnya pendapatan di Hotel JW Marriot.

Penyebab krisis dalam sebuah organisasi/perusahaan, sanggup timbul dari internal maupun eksternal. Krisis internal biasanya terjadi akhir sistem manajerial organisasi yang buruk, benturan-benturan antar kepentingan internal (karyawan dengan karyawan, karyawan dengan manajemen, administrasi dengan owner,dll). Sedangkan krisis ekternal terjadi akhir benturan organisasi dengan publiknya (kegagalan produk, info lingkungan, pelayanan yang buruk, human error, dll).

Kegagalan organisasi dalam menghadapi krisis sanggup menjadikan gambaran negatif yang berdampak pada menurun, bahkan hilangnya kepercayaan publik. Sebaliknya, keberhasilan organisasi dalam menghadapi krisis sanggup membuka kesempatan yang jauh lebih besar untuk mendapat dukungan publik. Inilah yang disebut kemampuan mengubah krisis menjadi peluang.

Faktor penyebab krisis yang terjadi di Hotel JW Marriot ini yakni alasannya krisis terkait duduk kasus kriminal, krisis ini belakangan sering terjadi. Krisis jenis ini merupakan ancaman besar untuk perusahaan. Krisis yang terjadi di di hotel JW Marriot ini diduga alasannya terkait duduk kasus terorisme.

Hal yang perlu dilakukan oleh Hotel JW Marriot yakni sebagai berikut :
  1. Mempersiapkan Contingency plan (anggota tim krisis administrasi yang sanggup di bentuk dalam waktu singkat, selalu adakan training untuk menghadapi krisis Bom JW Marriot ini.
  2. Segera umumkan official spokeperson (anggota tim krisis) yang berhak bicara dan memperlihatkan keterangan mengenai krisis Bom JW Marriot ini ke publik dan Media.
  3. Bergerak cepat.
  4. Gunakan Konsultan Manajemen krisis (saran dari konsultan PR sangatlah penting)
  5. Memberikan informasi yang akurat dan benar (mencoba untuk memanipulasi informasi akan berbalik menjadi ancaman kalau kebenaran ditemukan.
  6. Ketika tetapkan untuk bertindak, jangan hanya memperimbangkan kerugian jangka pendek tetapi fikirkan juga efek jangka panjang.

Media Relations disaat Krisis 

Satu-satunya informasi yang bisa diterima oleh masyarakat ketika krisis terjadi ialah melalui media pers. Oleh alasannya itu kekerabatan dengan media merupakan unsur penting selama komunikasi krisis. Perusahaan harus berusaha untuk jujur dan ramah ketika berhadapan dengan media.

Dalam teori tersebut menjelaskan bahwa perusahaan memerlukan adanya media komunikasi untuk memberikan informasi-informasi ihwal perusahaan kepada masyarakat. Dengan data-data yang dimiliki oleh Hotel JW Marrtiot (seperti rekaman kamera cctv ketika kejadian terror bom), pihak perusahaan sanggup menjelaskan kepada masyarkat kronologis-kronologis kejadian yang dialami di hotel ini.

PR harus menjelaskan kepada media kronologis kejadian dengan jujur dan bijaksana. Terutama pada investor-investor Hotel JW Marrtiot, yakinkan mereka bahwa krisis yang ada sanggup ditangani oleh pihak Hotel JW Marrtiot.

Tetap berafiliasi dengan masyarakat, khususnya mereka yang terlibat secara pribadi ibarat korban dan invetor-investor hotel. Pastikan media tetap menginformasikan situasi terbaru atau biarkan mereka tahu bahwa krisis telah berakhir. Tinjau ulang kebijakan internal untuk menghindari terulangnya situasi.

Pengertian info dari banyak sekali sumber mempunyai persamaan yaitu adanya suatu duduk kasus yang terdapat di suatu organisai yang harus ditangani, jadi kesimpulan dari pengertian info yakni suatu duduk kasus yang terjadi pada suatu organisasi yang berdampak bagi organisasi tersebut dan pihak yang mempunyai kepentingan dengan organisasi tersebut

Penyebab Isu:

1. Ketidakpuasan sekelompok masyarakat
Ketidakpuasan sekelompok masyarakat ini terjadi ketika keinginan, kebutuhan, impian dan kepentingan masyarakat tidak terpenuhi, maka banyak sekali info akan merebak, sebagai referensi masalah yang terjadi di kawasan istimewa Yogyakarta dimana ketidakpuasan masyarakat atas rencana pemerintah yang akan meninjau ulang status keristimewaan Yogyakrta yang melahirkan banyak sekali info ihwal memburuknya kekerabatan Presiden SBY dengan Sri Sultan.

2. Terjadinya insiden dramatis
Peristiwa dramatis yakni magnet yang besar lengan berkuasa untuk membuat suatu isu, ibarat pada masalah ponari dimana ia tiba-tiba populer di indonesia ketika dikabarkan berhasil mengobati orang sakit dengan hanya sebuah batu, Media massa meliput bahwa tak kurang setiap hari 5000 orang tiba dari penjuru Indonesia rela antri berjam-jam untuk diobati Ponari

3. Perubahaan sosial
Setiap perubahan selalu memunculkan is, misalnya pada masalah perubahan peta politik Indonesia pada tahun 1998 melahirkan puluhan is, diantaranya Jatuhnya rezim suharto, perebutan kekuasaan kepemimpinan nasional, melemahnya nilai rupiah dll

4. Kurang optimal nya kekuatan pemimpin

Ketika suatu publik tidak menyukai pemimpinnya bahkan tidak mempercayainya maka info akan muncul sperti pada referensi Publik Indonesia yang tidak puas dengan kepemimpinan PSSI dibawah Nurdin Halid yang sempat terlibat masalah korupsi, Hampir setiap kali timnas bertanding di stadion Gelora Bung Karno selalu dada spanduk yang meminta Nurdin Halid turun dari jabatannya.

Jadi kesimpulan penyebab info yaitu, info muncul dan berkembang ketika ada perubahan atau ketidak sesuaian antara antara lingkungan atau impian publik terhadap organisasi

Setalah mengamati pengertian administrasi info dari beberapa sumber di atas maka kesimpulan dari pengertian administrasi info yaitu, administrasi info yakni suatu proses administrasi yang bertujuan untuk membantu:
  • Menjaga kekerabatan organisasi baik internal maupun eskternal, 
  • Mengurangi resiko, 
  • Mencipatkan peluang 
  • Mengelola gambaran sebagai aset organisasi/perusahaan baik untuk kepentingan organisasi itu sendiri maupun para stakeholder. 

Pendekatan administrasi info melalui:

1. Pendekatan Sistem (System Approach)
Pendekatan ini mempromosikan respons yang lebih sistematis dan efektif dengan bertindak sebagai kekuatan koordinasi dan integrasi di dalam organisasi. Ketika info ditemukan maka manajamen bertindak sebagai pembersih untuk sejumlah fungsi potensial ibarat memeberikan saran, edukasi,informasi,penyelesaian duduk kasus dan merespons media.

2. Pendekatan Stratejik (strategic reduction of uncertainty approach)
Inti dari konsep ini yakni diagnosis info stratejik. Isu stratejik yakni insiden perkembangan atau tren yang dianggap mempunyai imbas bagi kinerja organisasi

3. Pendekatan Restoris (Retborical approach)
Pada pendekatan ini organisasi berupaya membawa info melalui siklusnya sehingga sanggup diselesaikan sesuai dengan tujuan organisasi, dengan demikian administrasi info sanggup mempengaruhi dan memformulasikan kebijakan bagi publiknya

4. Pendekatan terintegrasi. 
Ada tiga perkiraan yang dikemukakan dalam pendekatan ini yaitu:
  • Manajemen info membantu organisasi tumbuh dan bertahan hidup karenamemberikan organisasi alat untuk memaksimalkan peluang.
  • Publik tidak hanya terbatas pelopor atau pemerintah, publik menghatapkan kepedulian lebih besar dalam tindakan orgaisasi dan kekerabatan organisai dan publik harus tetap berlanjut walaupun siklus hidup sebuah idu telah berakhir
  • Pendekatan integrasi menghargai nilai kekerabatan antar organisasi dengan publiknya dan merupakan landasan dari pendekatan terintergrasi. Pendektan ini memfokuskan pada bagaimana organisasi melibatkan publik sebelum,dalam dan sesudah sebuah info melewati siklusnya

Proses Manajemen Isu:
  • Isu yang tidak dikelola dengan baik, akan mengakibatkan krisis dan krisis berpotensi menganvam reputasi perusahaan maka setiap perusahaan atau ptaktisi PR sudah seharusnya bisa mnegendalikan dan mengelola isu.
  • Proses administrasi info merupakan satu set mekanisme yang membantu perusahaan mengelola masalah-masalah yang terjadi.
  • Sebuah proses administrasi info membantu merekam setuap duduk kasus dan mengidentifikasi tindakan yang dibutuhkan untuk mnyelesaikannya

Sekian artikel tentang Pengertian dan Jenis Kasus Krisis Organisasi Menurut Ahli. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Daftar Pustaka
  • John Doorley, Helio Fred Garcia, Reputation Management: The Key to Successful Public Relations and Corporate Communication, Routledge, 2007. 
  • Jerry A Hendrix, Public Relations Cases, Wadsworth, 2001. 
  • Kim Harrison, Strategic Public Relations: A Practical Guide to Succes, second edition, Vineyard Publishing, 2001. 
  • Sandra M Oliver, Handbook of Corporate Communication and Public Relations: Pure and Applied, Routledge, 2004.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Jenis Perkara Krisis Organisasi Berdasarkan Ahli"

Post a Comment