Kepemimpinan Dengan Administrasi - Perbedaannya Berdasarkan Para Ahli

Kepemimpinan dengan Manajemen - Perbedaannya Menurut Para Ahli - Halo semuanya sahabat psikologi, inilah perbedaan antara kepemimpinan dengan administrasi yang akan dibahas pada artikel ini.

Kepemimpinan dan administrasi merupakan dua terminologi yang berbeda secara prinsip. Bennis dan Nanus (dalam Munandar 2005) melihat perbedaan yang fundamental antara kepemimpinan dan manajemen.Leading yakni influencing, guiding in direction, course, action, dan opinion; sedangkan to manage berarti to bring abaout, to accomplish, to have charge of or responsibility for, to conduct. Kepemimpinan lebih berafiliasi dengan efektivitas, sedangkan administrasi lebih berafiliasi dengan efisiensi.

“Managers are people who do things right, and leaders are people who do the right thing.” (Bennis and Nanus, 1985 p.21) -- “manajer yakni orang yang melaksanakan segala sesuatunya dengan baik dan pemimpin yakni orang yang melaksanakan hal yang benar”.
 inilah perbedaan antara kepemimpinan dengan administrasi yang akan dibahas Universitas Psiko Kepemimpinan dengan Manajemen - Perbedaannya Menurut Para Ahli
image source: ronalvesteffer(dot)com
Baca juga: Pengertian Pelatihan dan Pengembangan
Rost (1992): Management is an authority relationship that exist between a manager and subordinates to produce and sell goods and service. Leadership is a multidirectional influence relationship between a leader and followers influence each other as they interact in noncoercive ways to decide what changes they want to make.

Manajement sebagai korelasi wewenang yang ada antara manager dengan bawahannya untuk memproduksi dan menjual barang serta jasa. Kepemimpinan sebagai korelasi efek ke banyak sekali arah (interaksi tanpa unsur pemaksaan) antara pemimpin dan bawahannya yang mempunyai tujuan yang sama dalam mencapai perubahan yang sebenarnya.

Berikut ini diuraikan perbedaan antara pemimpin dan manajer:

Seorang pemimpin:

Menghargai fleksibilitas, inovasi, dan penyesuaian
Memperhatikan apa yang menjadi makna penting bagi banyak orang dan berusaha untuk mencari janji akan hal-hal penting yang perlu dilakukan.

Seorang manajer:

Menghargai stabilitas, keteraturan dan efisiensi
Memperhatikan bagaimana sesuatu diselesaikan dan berusaha menciptakan orang sanggup melakukannya dengan lebih baik.

Perbedaan Manajemen Dan Kepemimpinan Menurut Kotter:
ManajemenKepemimpinan
Menetapkan sasaran operasional, menciptakan rencana tindakan menurut jadwal, dan mengalokasikan sumber dayaMenyusun visi masa depan dan taktik untuk menciptakan perubahan yang dibutuhkan.
Mengorganisasi dan menugaskan (menentukan struktur, menugaskan orang ke banyak sekali pekerjaan)Mengkomunikasikan dan menjelaskan visi
Memantau hasil dan menuntaskan masalahMemotivasi dan memberi ide kepada orang lain untuk mencapai visi itu
Pada hakikatnya kepemimpinan dan administrasi saling melengkapi dan menyempurnakan. Kepemimpinan merupakan sesuatu yang penting bagi manajer. Para manajer sebagai pimpinan bagi para bawahannya seyogyanya yakni pemimpin, sehingga tujuan dan sasaran kerja mencapai efektivitas dan efisiensi optimal. Demikian sebaliknya, pemimpin yang mempunyai kemampuan bekerja menyerupai manajer akan bisa membawa roda kehidupan langsung dan organisasi yang dipimpinnya bisa mencapai batas optimal.

Teori-teori kepemimpinan dengan demikian sanggup diterapkan dalam manajemen. Dalam hal ini administrasi sanggup dianggap sebagai kepemimpinan dalam organisasi. Munandar (2005) menjelaskan bahwa kepemimpinan merupakan pengertian yang mencakup segala macam situasi yang dinamis berikut: (a) seorang manajer sebagai pemimpin yang mempunyai wewenang untuk memimpin, (b) bawahan yang dipimpin membantu manajer sesuai dengan kiprah masing-masing, dan (c) tujuan atau sasaran yang harus dicapai oleh manajer tolong-menolong bawahannya.

Sekian artikel tentang Kepemimpinan dengan Manajemen - Perbedaannya Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kepemimpinan Dengan Administrasi - Perbedaannya Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment