Psikotes Gaya Berguru Untuk Memilih Seni Administrasi Berguru Yang Tepat

Psikotes Gaya Belajar untuk Menentukan Strategi Belajar yang TepatKita sering bertanya-tanya atau sekedar memadupadankan mengenai cara berguru yang cocok semoga semua hal yang kita pelajari bisa nyantol selamanya. Benar sudah tahu? Atau hanya mengira-ngira? Kalau ingin tahu secara niscaya gaya berguru yang menyerupai apa yang pas atau sempurna buat kita, yuk isi tes di bawah ini. Syaratnya cuma satu, kerjakan semua soal dan pilih tanggapan yang benar-benar cocok dan pas dengan diri kita.

Dalam buku Quantum Learning dipaparkan 3 modalitas berguru seseorang yaitu : “modalitas visual, auditori atau kinestetik (V-A-K). Walaupun masing2 dari kita berguru dengan memakai ketiga modalitas ini pada tahapan tertentu, kebanyakan orang lebih cenderung pada salah satu di antara ketiganya”. Siap psikotes gaya belajar? Mulai!

Psikotes Gaya Belajar untuk Menentukan Strategi Belajar yang Tepat Psikotes Gaya Belajar untuk Menentukan Strategi Belajar yang Tepat
image source: www.psikologid.com
baca juga: Memahami Karakter Cinta Seseorang Berdasarkan Gadget

1. Kalau ada orang yang meminta petunjuk jalan, biasanya saya akan ….
a. Menggambar peta jalan pada sebuah kertas
b. Memberitahu secara verbal (melalui ucapan)
c. Mencoba memberitahu dengan isyarat tangan atau eksklusif mengantarnya

2. Saya paling suka permainan ….
a. Kata bergambar
b. Acak Kata
c. Pantomin

3. Saya ingin sekali menonton film di bioskop karena
a. Melihat cover iklan yang menarik
b. Membaca sinopsis cerita
c. Menonton penggalan film

4. Saya punya guru favorit. Saat mengajar, ia selalu memakai ….
a. Ceramah, diskusi, dan debat
b. Diagram, bagan, alur, dan slide
c. Trial, Uji coba, dan praktik

5. Ketika bicara, biasanya saya paling suka….
a. Suka berbicara, perlahan, dan jelas, tapi tidak suka mendengarkan terlalu lama
b. Suka mendengarkan orang lain bicara, gres kemudian berbicara
c. Berbicara dengan memakai bahasa badan dan gerakan yang banyak

6. Sebelum mengerjakan sesuatu, saya biasanya ….
a. Membaca instruksinya terlebih dahulu
b. Mendengarkan aba-aba dari orang lain, gres mengerjakan
c. Langsung melaksanakan uji coba

7. Ketika lupa sesuatu, biasanya saya ….
a. Berusaha mengingat dari citra bentuk, warna, atau cirinya
b. Berusaha mengingat dari ciri suaranya
c. Berusaha mengingat apa yang dilakukan dan penggunaannya

8. Hal yang paling bisa saya ingat dari seseorang ialah ….
a. Ekspresi wajah yang menawan
b. Suaranya yang khas
c. Gerakan tubuhnya yang memukau

9. Saat berkomunikasi, saya suka kalau …
a. Bertemu secara langsung
b. Bicara melalui telepon
c. Bertemu dalam sebuah kegiatan aktif

10. Kemampuan yang saya bisa dan paling saya sukai ialah …
a. Menggambar, melukis, atau mewarnai
b. Bernyanyi atau bermain alat musik
c. Menari atau beladiri

11. Ketika santai, saya biasanya ….
a. Membaca novel atau buku
b. Mendengarkan musik atau radio
c. Berolahraga atau bermain

12. Saat marah, saya biasanya ….
a. Lebih menentukan untuk membisu saja
b. Memaki dan berkata-kata secara emosional
c. Membanting barang atau memukul

13. Konsentrasi saya terganggu bila ….
a. Kondisi ruangan yang awut-awutan dan tidak rapi
b. Bising dan bunyi gaduh
c. Gerakan yang ada di sekitar

14. Saat belajar, saya biasanya ….
a. Membuat catatan atau rangkuman dari materi
b. Menghafal sambil memakai suara
c. Melakukan praktik atau simulasi dari pelajaran

15. Saat membaca sesuatu, saya biasanya ….
a. Menyukai bacaan yang bercerita perihal detil peristiwa
b. Menyukai bacaan yang mempunyai banyak
percakapan antartokoh
c. Menyukai bacaan yang melibatkan agresi dari tokohnya

Sekarang, mari kita jumlahkan skornya. Perhatikan, pilihan mana yang paling dominan atau sering dipilih: A, B, atau C.

TIPE VISUAL (Dominan A)


Tipe bergaya berguru visual, yang memegang peranan penting ialah mata / penglihatan ( visual ), dalam hal ini metode pengajaran yang dipakai sebaiknya lebih banyak / dititikberatkan pada peragaan / media, ajak ke obyek-obyek yang berkaitan dengan pelajaran tersebut, atau dengan cara menawarkan alat peraganya eksklusif atau menggambarkannya di papan tulis. Tipe gaya berguru visual harus melihat bahasa badan dan ekspresi muka gurunya untuk mengerti materi pelajaran. Mereka cenderung untuk duduk di depan semoga sanggup melihat dengan jelas. Mereka berpikir memakai gambar-gambar di otak mereka dan berguru lebih cepat dengan memakai tampilan-tampilan visual, menyerupai diagram, buku pelajaran bergambar, dan video. Di dalam kelas, orang dengan tipe visual lebih suka mencatat hingga detil-detilnya untuk mendapatkan informasi.

Ciri-ciri gaya berguru Visual :
  • Bicara agak cepat
  • Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
  • Tidak gampang terganggu oleh keributan
  • Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
  • Lebih suka membaca dari pada dibacakan
  • Pembaca cepat dan tekun
  • Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tapi tidak pandai menentukan kata-kata
  • Lebih suka melaksanakan demonstrasi dari pada pidato
  • Lebih suka musik dari pada seni
  • Mempunyai duduk kasus untuk mengingat aba-aba verbal kecuali bila ditulis, dan seringkali minta tunjangan orang untuk mengulanginya

Strategi berguru yang cocok bagi tipe Visual:
  1. Gunakanlah Variasi warna dalam melaksanakan pencatatan, menyerupai memberi garis bawah atau menciptakan grafik.
  2. Mayoritas, tipe visual suka membaca. Namun, buku bacaan yang banyak mempunyai gambar ilustrasi dan warna yang menarik lebih gampang dipahami daripada buku bacaan yang penuh dengan teks.
  3. Perhatikan penerangan ketika berguru dan hindari “polusi visual.”
  4. Saat mengingat sesuatu, bayangkan dan buat goresan pena yang memudahkan.
  5. Catat kembali materi pelajaran dengan warna dan gambar yang menarik.

TIPE AUDITORY (Dominan B)


Tipe auditori mengandalkan kesuksesan belajarnya melalui indera pendengaran (alat pendengarannya), untuk itu maka guru sebaiknya harus memperhatikan siswanya hingga ke alat pendengarannya. Tipe gaya berguru auditori sanggup berguru lebih cepat dengan memakai diskusi verbal dan mendengarkan apa yang dikatakan. Tipe auditori sanggup mencerna makna yang disampaikan melalui tone suara, pitch (tinggi rendahnya), kecepatan berbicara dan hal-hal auditori lainnya. Informasi tertulis terkadang mempunyai makna yang minim bagi tipe auditori mendengarkannya. Tipe menyerupai ini biasanya sanggup menghafal lebih cepat dengan membaca teks dengan keras dan mendengarkan kaset (audio).

Ciri-ciri gaya berguru Auditori :
  • Saat bekerja suka bicara kepada diri sendiri
  • Penampilan rapi
  • Mudah terganggu oleh keributan
  • Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan dari pada yang dilihat
  • Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
  • Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan goresan pena di buku ketika membaca
  • Biasanya ia pembicara yang fasih
  • Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
  • Lebih suka gurauan verbal daripada membaca komik
  • Mempunyai duduk kasus dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan Visual
  • Berbicara dalam irama yang terpola
  • Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, berirama dan warna suara

Strategi berguru yang cocok bagi Tipe Auditory:
  1. Gunakanlah voice recorder atau perekam bunyi ketika mendengarkan pelajaran.
  2. Perbanyak melaksanakan presentasi dan tanya jawab.
  3. Lagukan apa yang diingat dengan irama dan hindari “polusi suara” (kebisingan).
  4. Berpikir dan mengingat sambil mengucapkannya kembali.
  5. Dengarkan kembali pelajaran melalui rekaman atau klarifikasi orang lain

TIPE KINESTETIK (Dominan C)


Tipe kinestetik ialah tipe orang yang cenderung mendapatkan informasi paling banyak dan paling efektif dengan melibatkan gerakan tubuh, peragaan, dan acara fisik. Lirikan kebawah bila berbicara, berbicara lebih lambat. Tipe orang yang mempunyai gaya berguru kinestetik berguru melalui bergerak, menyentuh, dan melakukan. Tipe menyerupai ini sulit untuk duduk membisu berjam-jam alasannya ialah harapan mereka untuk beraktifitas dan eksplorasi sangatlah kuat. Tipe yang bergaya berguru ini belajarnya melalui gerak dan sentuhan.

Ciri-ciri gaya berguru Kinestetik :
  • Berbicara perlahan
  • Penampilan rapi
  • Tidak terlalu gampang terganggu dengan situasi keributan
  • Belajar melalui memanipulasi dan praktek
  • Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
  • Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca
  • Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita
  • Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan agresi dengan gerakan badan ketika membaca
  • Menyukai permainan yang menyibukkan
  • Tidak sanggup mengingat geografi, kecuali bila mereka memang pernah berada di kawasan itu
  • Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi

Strategi Belajar yang cocok bagi tipe Kinestetik:
  1. Gunakanlah gerakan dalam pelajaran, menyerupai acara atau uji coba secara langsung.
  2. Perbanyak praktik yang berkaitan dengan pelajaran (praktik di laboratorium) dan eksklusif bisa diaplikasikan.
  3. Hindari berguru yang monoton (terlalu banyak duduk).
  4. Saat mengingat sesuatu, lakukan hal yang diingat dengan acara gerak.
  5. Menulis di udara, gunakan gerak imajitif.

Sekian Psikotes Gaya Belajar untuk Menentukan Strategi Belajar yang Tepat. Selamat mencoba tipsnya dan Selamat berguru :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Psikotes Gaya Berguru Untuk Memilih Seni Administrasi Berguru Yang Tepat"

Post a Comment